TAHAPAN MENGAJARKAN KONSEP DASAR PENJUMLAHAN (UNTUK PEMULA)
Penjumlahan sering dijadikan materi awal yang diajarkan kepada Anak
yang baru mulai belajar berhitung. Tetapi sebenarnya secara Konsep Dasar
Belajar Berhitung hal ini kurang tepat, penjumlahan bukanlah materi yang
pertama diajarkan. Yang harus diajarkan pertama kepada anak adalah mengenalkan
“konsep jumlah benda”.
Mari kita kupas tuntas tahapan mengajarkan Konsep Dasar Penjumlahan
kepada anak yang baru mulai belajar berhitung.
Tahap 1
Mengenalkan Konsep Jumlah Benda
/ Gambar Benda
Disini bukan mengajarkan angka ya, tapi menghitung berapa jumlah
benda-benda yang ada di sekitar kita, atau benda-benda yang ada di gambar.
Sebaiknya jumlah benda yang dihitung tidak terlalu banyak (kurang dari 10).
Misal nya : Jumlah meja nya ada lima, jumlah kursi nya ada 8, jumlah pintunya
ada 3, jumlah gambar ikan nya ada 5, sambil anak menghitung urut mulai dari
satu, dua, tiga, …. Dst.
Jadi pada tahap ini anak dikenalkan menghitung jumlah benda / gambar
tetapi JANGAN diajarkan bentuk angkanya. Indikasi keberhasilan tahap ini adalah
jika anak bisa menyebutkan jumlah benda tanpa menghitung urut.
Tahap 2
Mengenalkan Angka
Nah, pada tahap ini baru mengenalkan angka. Kenapa mengenalkan angka
dan mengenalkan konsep jumlah benda kita pisah ? Karena angka adalah simbol,
bukan jumlah, jadi untuk memudahkan anak belajar, anak belajar konsep jumlah
benda dulu baru mulai menghapal simbol/bentuk angka, angka satu bentuknya
bagaimana, angka 2 bentuknya bagaimana, dst.
Tahap 3
Mengenalkan Konsep Penjumlahan
Benda / Gambar Benda
Disini mengajarkan konsep jumlah atau tambah, bahwa jumlah atau tambah
itu benda nya dikumpulkan jadi satu kemudian dihitung jumlahnya berapa. Misal
nya ada 1 apel ditambah 2 apel, maka apel nya dikumpulkan jadi satu kemudian
dihitung jumlahnya adalah 3 apel.
Pada tahap ini dibagi menjadi 2 tingkat :
a.
Penjumlahan 1 – 5 benda (hasil penjumlahannya 10
ke bawah)
b. Penjumlahan
1 – 9 benda (hasil penjumlahannya 10 ke atas)
Tahap 4
Penjumlahan Angka
Ketika mulai mengajarkan penjumlahan angka sebaiknya disertai dengan
penjumlahan benda dulu.
Setelah anak bisa memahami
bahwa suatu angka melambangkan jumlah tertentu maka mulai dikenalkan
operasi hitung penjumlahan dengan angka.
Pada tahap ini dibagi menjadi 3 tingkat :
a.
Penjumlahan Angka 1 – 5 (yang hasilnya kurang
dari 10)
Cara mengerjakan soal di atas
dengan bantuan jari :
Siapkan 4 jari tangan kiri
berdiri dan 5 jari tangan kanan berdiri, tekuk satu per satu jari yang berdiri
sambil menghitung 1, 2, 3, 4 ……dst sampai semua jari tertekuk, angka terakhir
yang disebutkan adalah hasilnya, yaitu 9 (Sembilan).
b. Penjumlahan
Angka 1 – 10 (yang hasilnya kurang dari 20)
Cara mengerjakan soal di atas
dengan bantuan jari :
Simpan angka besar (8) di kepala,
siapkan jari tangan berdiri sejumlah angka kecil (5). Hitung urut melanjutkan
angka yang disimpan di kepala (8) sambil menekuk satu per satu jari yang berdiri.
Setelah 8 adalah 9, 10, 11 …dst sampai semua jari tertekuk, angka terakhir yang
disebutkan adalah hasilnya, yaitu 13 (Tiga belas).
c. Penjumlahan
Angka lebih dari 10 (2 digit)
Cara 1 : Penjumlahan Sejajar
Cara 2 : Penjumlahan Bertingkat
Tahap 5
Penjumlahan Lebih dari Dua
Angka
Penjumlahan lebih dari dua angka ini pada prinsipnya hampir sama
dengan penjumlahan dengan dua angka. Ada 2 cara yang biasa digunakan untuk
menyelesaikan operasi penjumlahan seperti ini.
a.
Cara Langsung
b. Cara
Bertahap
Tahap 6
Penjumlahan Tanpa Menulis Proses
Perhitungannya
Setelah lancar semua tahap penjumlahan di atas, kita bisa mencoba
untuk melatih anak menghitung operasi penjumlahan tanpa menuliskan proses
perhitungannya.
Pada tahap ini, anak dilatih untuk membayangkan proses perhitungannya,
tanpa menulis. Latihan diawali dengan angka-angka yang mudah dulu, setelah anak
terbiasa, tingkat kesulitan soal ditingkatkan secara bertahap.
Jika anak sudah bisa mengerjakan operasi hitung penjumlahan tanpa
menulis proses perhitungannya berarti anak sudah benar-benar menguasai operasi
hitung penjumlahan.
Tips dan Trik Khusus
Penjumlahan
Penggunaan bantuan jari untuk membantu menghitung penjumlahan
sebaiknya hanya sampai penjumlahan dengan hasil kurang dari 20 atau penjumlahan
angka 1 digit. Untuk penjumlahan angka 2 digit atau lebih sebaiknya dibiasakan dengan cara
penjumlahan bersusun.
Semoga bermanfaat
(Wawan – Bimbel IFE)
Baca juga :
Mengajarkan Konsep Dasar Pengurangan
Mengajarkan Konsep Dasar Perkalian
Mengajarkan Konsep Dasar Pembagian
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda