Jumat, 01 Maret 2019

TAHAPAN MENGAJARKAN KONSEP DASAR PENJUMLAHAN (UNTUK PEMULA)



Penjumlahan sering dijadikan materi awal yang diajarkan kepada Anak yang baru mulai belajar berhitung. Tetapi sebenarnya secara Konsep Dasar Belajar Berhitung hal ini kurang tepat, penjumlahan bukanlah materi yang pertama diajarkan. Yang harus diajarkan pertama kepada anak adalah mengenalkan “konsep jumlah benda”.

Mari kita kupas tuntas tahapan mengajarkan Konsep Dasar Penjumlahan kepada anak yang baru mulai belajar berhitung.

Tahap 1
Mengenalkan Konsep Jumlah Benda / Gambar Benda

Disini bukan mengajarkan angka ya, tapi menghitung berapa jumlah benda-benda yang ada di sekitar kita, atau benda-benda yang ada di gambar. Sebaiknya jumlah benda yang dihitung tidak terlalu banyak (kurang dari 10). Misal nya : Jumlah meja nya ada lima, jumlah kursi nya ada 8, jumlah pintunya ada 3, jumlah gambar ikan nya ada 5, sambil anak menghitung urut mulai dari satu, dua, tiga, …. Dst.


Jadi pada tahap ini anak dikenalkan menghitung jumlah benda / gambar tetapi JANGAN diajarkan bentuk angkanya. Indikasi keberhasilan tahap ini adalah jika anak bisa menyebutkan jumlah benda tanpa menghitung urut.

Tahap 2
Mengenalkan Angka

Nah, pada tahap ini baru mengenalkan angka. Kenapa mengenalkan angka dan mengenalkan konsep jumlah benda kita pisah ? Karena angka adalah simbol, bukan jumlah, jadi untuk memudahkan anak belajar, anak belajar konsep jumlah benda dulu baru mulai menghapal simbol/bentuk angka, angka satu bentuknya bagaimana, angka 2 bentuknya bagaimana, dst.


Tahap 3
Mengenalkan Konsep Penjumlahan Benda / Gambar Benda

Disini mengajarkan konsep jumlah atau tambah, bahwa jumlah atau tambah itu benda nya dikumpulkan jadi satu kemudian dihitung jumlahnya berapa. Misal nya ada 1 apel ditambah 2 apel, maka apel nya dikumpulkan jadi satu kemudian dihitung jumlahnya adalah 3 apel.


Pada tahap ini dibagi menjadi 2 tingkat :
a.       Penjumlahan 1 – 5 benda (hasil penjumlahannya 10 ke bawah)

b.      Penjumlahan 1 – 9 benda (hasil penjumlahannya 10 ke atas)


Tahap 4
Penjumlahan Angka

Ketika mulai mengajarkan penjumlahan angka sebaiknya disertai dengan penjumlahan benda dulu.

Setelah anak bisa memahami  bahwa suatu angka melambangkan jumlah tertentu maka mulai dikenalkan operasi hitung penjumlahan dengan angka.

Pada tahap ini dibagi menjadi 3 tingkat :
a.       Penjumlahan Angka 1 – 5 (yang hasilnya kurang dari 10)
Cara mengerjakan soal di atas dengan bantuan jari :
Siapkan 4 jari tangan kiri berdiri dan 5 jari tangan kanan berdiri, tekuk satu per satu jari yang berdiri sambil menghitung 1, 2, 3, 4 ……dst sampai semua jari tertekuk, angka terakhir yang disebutkan adalah hasilnya, yaitu 9 (Sembilan).

b.      Penjumlahan Angka 1 – 10 (yang hasilnya kurang dari 20)
Cara mengerjakan soal di atas dengan bantuan jari :
Simpan angka besar (8) di kepala, siapkan jari tangan berdiri sejumlah angka kecil (5). Hitung urut melanjutkan angka yang disimpan di kepala (8) sambil menekuk satu per satu jari yang berdiri. Setelah 8 adalah 9, 10, 11 …dst sampai semua jari tertekuk, angka terakhir yang disebutkan adalah hasilnya, yaitu 13 (Tiga belas).

c.       Penjumlahan Angka lebih dari 10 (2 digit)
Cara 1 : Penjumlahan Sejajar



Cara 2 : Penjumlahan Bertingkat

Tahap 5
Penjumlahan Lebih dari Dua Angka


Penjumlahan lebih dari dua angka ini pada prinsipnya hampir sama dengan penjumlahan dengan dua angka. Ada 2 cara yang biasa digunakan untuk menyelesaikan operasi penjumlahan seperti ini.
a.       Cara Langsung

b.      Cara Bertahap

Tahap 6
Penjumlahan Tanpa Menulis Proses Perhitungannya

Setelah lancar semua tahap penjumlahan di atas, kita bisa mencoba untuk melatih anak menghitung operasi penjumlahan tanpa menuliskan proses perhitungannya.
Pada tahap ini, anak dilatih untuk membayangkan proses perhitungannya, tanpa menulis. Latihan diawali dengan angka-angka yang mudah dulu, setelah anak terbiasa, tingkat kesulitan soal ditingkatkan secara bertahap.

Jika anak sudah bisa mengerjakan operasi hitung penjumlahan tanpa menulis proses perhitungannya berarti anak sudah benar-benar menguasai operasi hitung penjumlahan.

Tips dan Trik Khusus Penjumlahan

Penggunaan bantuan jari untuk membantu menghitung penjumlahan sebaiknya hanya sampai penjumlahan dengan hasil kurang dari 20 atau penjumlahan angka 1 digit. Untuk penjumlahan angka 2 digit atau lebih sebaiknya dibiasakan dengan cara penjumlahan bersusun.

Semoga bermanfaat

(Wawan – Bimbel IFE)

Baca juga :
Mengajarkan Konsep Dasar Pengurangan
Mengajarkan Konsep Dasar Perkalian
Mengajarkan Konsep Dasar Pembagian

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda